Deskripsi Jaringan Perusahaan
1. Trafik yang mengalir pada jaringan perusahaan
Trafik jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan alamat jaringan,
protokol dan port, ingress interface, atau klasifikasi lainnya selama masih
didukung oleh standard access list atau extended access list.
·
Standar ACL digunakan untuk
memeriksa alamat asal dari paket yang akan dirutekan.
·
Extended ACL digunakan lebih
spesifik daripada standar ACL yang menyediakan lebih banyak parameter dan
argumen.
2. LAN dan WAN perusahaan
a.
LAN (Local Area Network)
Merupakan jaringan yang bersifat internal dan biasanya milik
pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah dan biasanya berukuran
sampai beberapa kilometer. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer
atau workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk pemakaian
sumber daya bersama serta sarana untuk saling bertukar informasi.
b. WAN
(Wide Area Network)
WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang lebih luas. WAN
terdiri dari kumpulan LAN, MAN dan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan
program aplikasi pemakai. Terdapat perangkat yang melewatkan aliran informasi
data dalam sebuah WAN.
Perangkat tersebut adalah :
·
Router
Router adalah peningkatan kemampuan bridge. Router mampu menunjukan
rute/jalur dan mem-filter informasi pada jaringan yang berbeda.
·
ATM Switch
Menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN
·
Modem (modulator/demodulator)
Modem mengonversi sinyal digital dan analog . pada pengirim, modem
mengonversi sinyal digital dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi
untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon
(public telephone line) . Di sisi penerima modem mengonversi sinyal ke format
digital kembali.
3. Intranet dan ekstranet
a.
Intranet adalah sebuah jaringan
komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam
internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di
kategorikan intranet.
b.
Extranet adalah jaringan pribadi
yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk
membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur
(supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
4. Aplikasi-aplikasi perusahaan dan Pola trafik yang
mengalir
Cara yang tepat untuk membangun hubungan dengan konsumen ialah
dengan membangun Customer Relantionship Management (CRM).
Tujuan utama dari CRM ini memang bukan kepuasan konsumen, tapi
lebih pada loyalitas konsumen. Konsumen tidak hanya merasa puas sekali dalam
menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan, namun akan terus
menggunakannya.
5. Aplikasi-aplikasi dan trafik pada jaringan perusahaan
Salah satu contoh aplikasi pada perusahaan adalah SISTEM INFORMAS
MANAJEMEN ONLINE MANUFACTURE. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa
pemrograman php dan support menggunakan database apa saja seperti : mysql, sql
server, postgresql dan oracle. Software ini ditujukan dan bisa digunakan untuk
perusahaan dibidang manufacture.
Kelebihan software ini :
·
Simple – users friendly – powefull –
multi platform
·
Customize software (jadi sesuai
dengan perusahaan anda)
·
Laporan menggunakan pdf
·
Online internet (akses dimana saja
dan kapan saja0
·
Menggunakan perhitungan hpp
(rata-rata)
·
Fasilitas searching lengkap
·
Fasilitas sorting asc dan desc
lengkap
·
Adanya fasilitas export / import di
setiap table
·
Multi database support
6. Prioritas trafik jaringan
Pada metode prioritas paket data yang melintasi gateway diberikan
prioritas berdasarkan port, alamat IP atau subnet. Prioritas trafik jaringan
ada 2, yaitu FIFO dan prioritas Antrian.
- · FIFO
Teknik antrian FIFO mengacu pada FCFS (First Come First Server) ,
paket data yang pertama datang akan diproses terlebih dahulu. Paket data yang
keluar terlebih dahulu dimasukkan ke dalam antrian FIFO kemudian dikeluarkan
sesuai dengan urutan datangnya.
- · Prioritas Antrian
Pada situasi tertentu kadang kala kita harus memutuskan suatu
permasalahan dengan memilih salah satu solusi yang perlu dilaksanakan terlebh
dahulu dan hal ini disebut prioritas.
7. Asas teleworking dan VPN
Teleworking adalah suatu aktivitas yang dilakkan oleh pegawai untuk
melakukan pekerjaan dari suatu tempat diluar lokasi unit kerja DJP dan tidak
tersambung ke jaringan internal (intranet) DJP dengan menggunakan teknologi
komunikasi sehingga mendapatkan tingkatan akses yang sama dengan pada saat
bekerja dilokasi kantor (melalui intranet).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar