Senin, 14 September 2015

KELAS MAYA

Kelas Maya

Tahukah Kamu pertumbuhan penduduk yang begitu pesat berdampak pada meningkatnya kebutuhan pendidikan di Indonesia? Sementara kondisi pendidikan di indonesia dalam bidang pendidikan masih jauh dari apa yang diharapkan. Meskipun APBN besar untuk bidang pendidikan, namun aplikasi dilapangan banyak usia sekolah yang tidak mampu mendapatkan pendidikan yang layak.
Adanya kelas maya sedikit membantu menangani permasalahan pendidikan. Dengan adanya kelas maya setiap orang dapat mengakses karena sifatnya yang terbuka. Di kelas maya terdapat materi pelajaran, penilaian, catatan kuis, pilling, dan sebagainya untuk mendukung pembelajaran. Selain itu penggunaan kelas maya di sekolah juga membantu peserta didik melatih tanggung jawab dan disiplin. Peserta didik akan lebih tertantang dalam belajar, pembelajaran lebih efektif, dan lainnya. Untuk menambah pengetahuanmu tentang kelas maya, pelajarilah materi berikut dengan sungguh-sungguh!...

Kelas Maya
A. Definisi dan Jenis Kelas Maya
1. Definisi Kelas Maya
      Kelas maya sering pula disebut sebagai virtual class atau kelas virtual. Kelas maya merupakan sistem pembelajaran online antara guru atau guru dengan peserta didik, yang dapat dilakukan diluar jam sekolah, dan dapat dilakukan meski jaraknya jauh. Kelas maya atau kelas virtual menawarkan proses pembelajaran (belajar mengajar) yang jarak jauh. Fungsi pemanfaatan teknologi komunikasi adalah untuk mendukung dan meningkatkan kegiatan pembelajaran. Kelas maya dapat didefinisikan:
a. Pembelajaran dan pengolahan kelas  yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang     berbasis we.
b. Pembelajaran yang memuat konten digital yang dapat diakses dan di-sharing tanpa mengenal jarak, ruang dan waktu.

Adapun kegiatan pembelajaran dalam kelas maya adalah:
a. Pembelajaran di kelas maya dijadwalkan pada jam-jam tertentu, dan mata pelajaran tertentu, sehingga antara pelajaran yang satu dengan yang lain tidak bertumbukan.
b. Pada saat pembelajaran, peserta didik dibimbing guru melalui kelas maya yang berbasis web.
c. Peserta didik dituntut aktif dalam mempelajari pelajaran yang telah disediakan oleh guru di web.
2. Jenis Pengelolaan Kelas Maya
      Pengelolaan kelas maya dapat dilakukan dengan beberapa aplikasi, diantaranya adalah:
a.   Learning management system (LMS) merupakan aplikasi atau software yang berfungsi  untuk membuat perencanaan , administrasi, pengelolaan kegiatan dalam kegiatan belajar mengajar secara online (berbasis web). LMS juga dapat didefinisikan sebagai sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara "online".
b.   Learning Content Management System (LCMS) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk membuat, menggunakan kembali, menempatkan, menyampaikan, mengelola, dan memperbaiki materi pembelajaran. Fungsi utama LCMS adalah untuk menyusun dan mengatur materi pembelajaran atau e-learning content. LCMS dapat dengan cepat menciptakan materi e-learning dengan menggabungkan materi e-learnig dalam LCMS.
c.   Social Learning Network (SLN) adalah pembelajaran yang terjadi lebih besar bila dibandingkan dengan pembelajaran individu maupun kelompok, hingga skala sosial yaitu melalui interaksi sosial dengan teman-teman. Pemanfaatan jejaring sosial sebagai media pembelajaran di Indonesia terbilang masih baru dan belum banyak dilakukan oleh guru. contoh interaksi sosial adalah facebook, edmodo, rumah belajar, twitter, dan lainnya.

B. Manfaat dan Fitur Kelas Maya
1. Manfaat Kelas Maya
      Dengan berbagai potensi yang ada yaitu guru, peserta didik, dan serangkaian jaringan komputer kegiatan belajar mengajar telah mengalami perubahan dan dalam berkomunikasi lebih cepat. Adapun manfaat kelas maya dalam kegiatan pembelajaran ialah:
a.   Meningkatkan Kemampuan, teknologi yang terhubung dengan internet memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya dengan mengeksplorasi internet semaksimal mungkin.
b.   Setiap Orang dapat Mengaksesnya, perkembangan teknologi tersebut, pendidikan dapat diakses oleh semua orang termasuk mereka yang tidak dapat bersekolah formal karena sifatnya yang terbuka.
c.   Media Bertukar Informasi, terjadinya interaksi dapat digunakan sebagai media untuk bertukar informasi yang mendukung kegiatan pembelajaran karena banyak pengguna yang berkomunikasi secara real time.
d.   Pembelajaran yang Efektif, hanya dengan terkoneksi internet seseorang dapat melakukan pembelajaran tanpa mengenal jarak dan waktu (dimana saja dan kapan saja).
e.   Kegiatan Belajar Mengajar Jarak Jauh, dengan demikian guru yang tinggal di Negara lain dapat mengajarkan peserta didik yang berada di Negara lain pula. Keunggulan inilah yang sering dimanfaatkan guru, ketika tidak dapat mengajar langsung (tatap muka), kegiatan pembelajaran  tetap berlangsung.
f.   Dapat Mengulang Materi yang Telah Disampaikan, kelebihan data digital ialah dapat di simpan, diedit, dipanggil suatu saat dengan mudah dan cepat. Ketika materi yang telah disampaikan selesai dan peserta didik ingin mempelajarinya lagi maka dapat dengan mudah dipanggil data tersebut.
2. Fitur Kelas Maya
      Rumah belajar merupakan media bagi guru dan peserta didik untuk melakukan  kegiatan pembelajaran melalui kelas maya yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain rumah belajar, ada pula edmodo yang juga menyediakan media untuk kegiatan pembelajaran online. Fitur yang diberikan rumah belajar dan edmodo sebenarnya hampir sama. Secara garis besar fitur rumah belajar dapat diklasifikasikan dari tiga yaitu awal (home), sumber belajar, kelas maya, dan materi belajar. Sementara fitur yang terdapat dalam edmodo diantaranya adalah catatan (note), peringatan (alert), tugas (Assignment), kuis (quiz), jajak pendapat (poll), perpustakaan (library), kalender, edmodo store, manage apps, dan apps launcer. Kelengkapan fitur mempengaruhi bagaimana media tersebut menunjang kegiatan belajar mengajar dan interaksi antara guru dan peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar