Pengertian Edmodo
Kelas Maya
A. Pembuatan Akun dan Pengaturan Profil
1. Pembuatan Akun
Akun
berfungsi sebagai nama atau alamat bagi pengguna agar tetap bisa
menggunakan kelas maya. Dengan mengakses www.edmodo.com, maka peserta
didik telas mengakses kelas maya. Sebelum peserta didik mendaftar dan
memperoleh akun di edmodo, biasanya peserta didik memperoleh 6 digit
kode group dari guru. Dengan memperoleh akun tersebut, peserta didik
dapat dengan mudah membuat akun di edmodo dengan memilih tombol I'm a student.
Setelah memilih tombol I'm a student maka akan muncul beberapa kolom yang berisi tentang kode group, username, password, email, first name, dan last name. Baris pertama 6 digit kode yang telah diberikan oleh guru. Setelah itu, peserta didik mengisi user name dan password yang
bersifat unik. Untuk kolom selanjutnya diisi email, nama pertama dan
nama terakhir. Kolom email tidak harus diisi, akan tetapi bila diisi
maka pemberitahuan dari edmodo akan terkirim ke email. Setelah semua
kolom terisi, pilih tombol "sign up" maka proses pendaftaran akan diproses.
2. Pengaturan Profil
Ketika
peserta didik selesai membuat akun, maka peserta didik diharapkan untuk
mengatur atau mengubah profil. Cara mengubah pengaturan profil untuk
halaman peserta didik, yaitu dengan memilih tombol account pada navigation center. Pilihlah setting pada menu account tersebut, maka akan muncul menu account yang terdiri dari menu account, email, password, dan privacy serta third-party application. Pada
tampilan tersebut, diharapkan peserta didik mengisi identitas diri
dengan lengkap. Pada halaman ini, peserta didik dapat mengganti foto,
dengan cara mengunggah foto menggunakan tombol upload a new photo. Peserta didik juga dapat mengubah informasi identitas diri yang dapat mengubah email, alamat, nama, timezone, dan sebagainya. Setelah selesai mengatur identitas diri dan mengunggah foto klik "save".
Setelah selesai pengaturan account, mulailah untuk mengeksplorasi email, password, dan privacy serta third-party application. untuk email text updates berilah tanda centang semua, password dan privacy diatur sesuai dengan kondisi peserta didik. Setelah selesai dengan pengaturan jangan lupa untuk memilih tombol save pada bagian bawah agar pengturan yang telah peserta didik lakukan dapat tersimpan.
B. Perpustakaan Maya
Fasilitas library di
edmodo merupakan perpustakaan maya seperti halnya perpustakaan di
sekolah. Guru dapat mengunggah materi pembelajaran, video, audio, yang
mendukung proses pembelajaran bagi peserta didik. Dalam perpustakaan
maya guru dapat mengaturnya dalam folder-folder tertentu sehingga
memudahkan peserta didik dalam mengaksesnya berdasarkan kelas dan mata
pelajarannya. Kelebihan Edmodo adalah semua format materi mulai dari
text (pdf, word, excel), video (mp4, wmv, mkv, flv dan sebagainya),
audio (mp3, wav, dan sebagainya). Dengan kelebihan ini memungkinkan
materi pembelajaran dapat bervariasi, menarik dan pembelajaran dapat
berjalan baik. Selain itu, bahan ajar dapat diatur oleh guru sesuai
dengan kelas mana saja yang memanfaatkan materi dan pelajaran apa saja
yang dapat menggunakan materi tersebut.
Materi
yang telah diunggah, dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai bahan
pembelajaran di kelas maya. Ketika peserta didik selesai mengatur
profil dan siap melakukan pembelajaran, maka guru akan memberikan
catatan (note). Note tidak hanya bisa digunakan sebagai catatan atau pemberitahuan. Melalui note peserta
didik dan guru dapat berinteraksi, misalnya guru minta peserta didik
untuk menanggapi materi video yang di unggah, dan peserta didik
menanggapi pada kolom yang tersedia.
C. Catatan atau Note
Note atau catatan di edmodo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan status di facebook. Fitur ini digunakan sebagai sarana komunikasi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik.
Adapun langkah-langkah untuk membuat catatan/note adalah:
a. Pilihlah menu note (warna hijau) untuk dapat memulai menulis note.
b. Tulislah catatan pada kolom yang telah tersedia (warna merah).
c. File, link, library berfungsi apabila ingin menambahkan materi pembelajaran (warna biru)
d. Pastikan catatan yang akan dikirim sudah benar. Apabila sudah benar maka pilihlah "send" (warna hitam).
Catatan pada fiur ini yang telah dipublikasikan dapat di edit. Pilihlah icon yang
terletak di pojok kanan atas seperti gambar berikut.
Setelah memilih icon tersebut akan muncul beberapa menu pilihan seperti delete, adit, share, link to this post, add post to library, dan make public. Dengan
memilih menu sesuai kebutuhan, maka user akan dapat melakukan edit
terhadap deskripsi catatan materi, tetapi user tidak dapat melampirkan file, link, dan library. Setelah melakukan edit, klik tombol save untuk menympan perubahan.
Setiap note memiliki URL, sehingga memungkinkan note tersebut untuk dapat di akses dari luar. Untuk mengetahui URL tersebut, pilihlah link to this post, atau dengan memilih view post link agar note terlihat di halaman baru (seperti new tab). Perlu kalian ketahui, bahwa note secara default bersifat make private. Apabila URL tersebut diberikan kepada user yang bukan anggota, maka user tersebut tidak bisa melihat note. Untuk dapat melihat note tersebut, maka note harus diganti menjadi make public.
D. Penugasan dan Kuis
1. Penugasan atau Assignment
Mealui fitur ini guru dapat memberikan tugas kepada peserta didik
dan dapat memberikan penilaian pada tugas tersebut. Supaya dapat membuat
penugasan, guru dapat memilih link assignment, maka akan tampil informasi tentang
1. Judul tugas;
2. Deskripsi tugas;
3. Tentang waktu;
4. Attachments (file,link, dan library.
Jika sebelumnya guru telah memiliki tugas yang telah
digunakan pada kelas dan mata pelajaran terdahulu, maka guru tidak perlu
membuat tugas lagi, guru dapat memanggil kembali tugas tersebut. Guru
hanya perlu memanggil tugas tersebut dengan memilih tombol load assignment. Setelah selesai, guru hanya tinggal memilih materi yang sesuai, mengatur tenggat waktu, pilih tombol send. Fitur yang menarik juga dalam edmodo adalah fungsi annotation. Fungsi
ini membuat guru dapat memberikan komentar, memberi tanda pada dokumen
mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki, maupun melakukam edit ke dalam
dokumen yang dilampirkan oleh peserta didik pada saat pengerjaan tugas,
menjadi sumber evaluasi, dan dapat digunakan untuk remedial (perbaikan) peserta didik.
2. Kuis
Kuis dalam edmodo menyediakan lima jenis pertanyaan yang diberikan kepada peserta didik, diantaranya adalah:
a. Multiple Choice;
b. True False;
c. Short Answer;
d. Fiil In the Blank; dan
e. Matching.
Untuk dapat membuat kuis, cukup memilih fitur quiz, kemudian pilih tombol create a quiz, pilih tipe pertanyaan dan klik tombol add question. Lengkaplah informasi kuis yang meliputi:
a. Judul kuis;
b. Jangka waktu pelaksanaan kuis (time limit)
c. Deskripsi dari kuis tersebut, dengan cara melengkapi Field About this quiz pada panel sebelah kanan;
d. Quiz option sehingga guru dapat memilih apakah siswa akan secara
langsung (otomatis) melihat hasil penilaian setelah mengerjakan
kuis atau tidak;
e. Pilih tipe pertanyaan yang guru ingin sampaikan berupa multiple choice, true false, short answer, fill in the blank atau matching;
f. Setelah itu, memilih tipe pertanyaan, dan diberi opsi untuk memberikan bobot dari setiap pertanyaan.
g. Setiap pertanyaan akan disimpan secara otomatis oleh edmodo. Apabila
guru ingin menambahkan pertanyaan yang lain, hanya perlu untuk
memilih tombol Add (+) pada panel disebelah kiri.
h. Apabila ingin menghapus pertanyaan yang sudah dibuat, hanya perlu klik tombol remove question dipojok sebelah kanan.
E. Kalender dan Polling
1. Kalender
Kalender berfungsi untuk memberikan informasi tentang kegiatan
yang di laksanakan. Kalender dapat dilihat dengan memilih tombol navigation bar yang
terletak dibagian atas halaman edmodo. Untuk dapat membuat kegiatan
yang akan dimasukan dalam kalender, cukup dengan meng-klik tanggal
pelaksanaan kegiatan. Dengan memilih tanggal pelaksanaan kegiatan, maka
akan muncul jendela baru. Supaya bisa tampil rencana kegiatan, isilah
informasi tentang judul kegiatan, waktu pelaksanaan kegiatan, dan kepada
siapa informasi tersebut diberikan. Apabila ingin menghapus kegiatan
yang telah dibuat, pilihlah (klik sekali) pada kegiatan yang ingin
dihapus, dan pilih tombol delete.
2. Polling
Banyak manfaat yang diperoleh dengan menggunakan fitur polling ini
untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Untuk dapat menggunakan fitur
ini pengguna cukup memilih menu poll, dan kemudian menuliskan pertanyaan dan jawaban yang akan dipilih oleh peserta didik.
F. Materi Belajar, Mengerjakan Tugas dan Kuis
1. Materi Belajar
Melalui note,
guru memberikan pengarahan kepada peserta didik untuk mengunduh
materi, mempelajari materi, dan mengerjakan tugas yang telah disiapkan
guru terlebih dahulu. Untuk dapat mengakses materi tersebut, peserta
didik dapat masuk ke grup terlebih dahulu. Kemudian memilih panel yang
berada di sebelah kiri baik di folder atau di library, yang bergantung ada intruksi guru.
Guru dalam menyiapkan materi-materi yang ada di folder maupun library menentukan
bahan-bahan yang akan di pelajari oleh peserta didik, meliputi kelas
dan mata pelajaran. Dalam pembuatan folder maupun materi yang di unggah
sebisa mungkin diberi keterangan yang detail sehingga peserta didik
dapat mengetahuinya dengan jelas. Untuk menampilkan materi ajar yang
terdapat di folder peserta didik tinggal memilih folder yang ada,
kemudian akan tampil materi ajar yang diperlukan.
2. Mengerjakan Tugas dan Kuis
Setelah
peserta didik selesai mempelajari materi belajar, dan untuk mengukur
kemampuan peserta didik, peserta didik dapat diminta untuk mengerjakan
tugas atau kuis. Untuk dapat mengerjakan tugas dan kuis, peserta didik
dapat mengklik tombol turned in untuk penugasan atau assignment, begitu pula untuk kuis.
Setelah peserta didik memilih tombol turned in tersebut,
maka peserta didik akan mendapatkan tampilan jendela polling.
Berdasarkan tampilan tersebut peserta didik diminta untuk menuliskan
jawaban berdasarkan perintah yang telah ditentukan oleh guru. Selain
itu, peserta didik juga dapat melampirkan bahan-bahan yang lain untuk
mendukung jawaban dalam bentuk file, link maupun website.
Apabila guru memberikan annotation pada lampiran yang diberikan siswa, maka untuk membaca annotation tersebut siswa hanya perlu pilih view
di samping dokumen yang mereka lampirkan. Jika siswa mengirimkan
kembali hasil perbaikan tugas tersebut kepada guru, maka penandan annotation tidak akan terlihat lagi. Untuk itu, jika guru menginginkan annotation yang
guru buat masih terlihat, maka peserta didik diharapkan mengirimkan
versi baru dari tugas tersebut. Sedangkan pada peserta didik memilih
untuk mengerjakan kuis maka akan muncuk informasi umum mengenai kuis
tersebut yaitu nama kuis, deskripsi kuis, jumlah pertanyaandalam kuis
tersebut. dan juga jangka waktu pengerjaan kuis. Jika peserta didik
sudah siap untuk mengerjakan maka klik Start Quiz.
Setelah peserta didik memilih tombol start quiz, maka
akam muncul jendela baru yang berisi pertanyaan yang harus di jawab
oleh peserta didik. Peserta didik akan menjawab pertanyaan sesuai dengan
tipe pertanyaan yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu peserta
didik juga akan mendapatkan informasi tentang waktu pengerjaannya, soal
yang telah dikerjakan. Apabila peserta didik telah selesai mengerjakan
semua pertanyaan, maka pilih tombol submit quiz.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar