Senin, 14 September 2015

PEMBELAJARAN MELALUI KELAS MAYA

Pengertian Edmodo

Pembelajaran Melalui
Kelas Maya

A. Pembuatan Akun dan Pengaturan Profil

1. Pembuatan Akun
      Akun berfungsi sebagai nama atau alamat bagi pengguna agar tetap bisa menggunakan kelas maya. Dengan mengakses www.edmodo.com, maka peserta didik telas mengakses kelas maya. Sebelum peserta didik mendaftar dan memperoleh akun di edmodo, biasanya peserta didik memperoleh 6 digit kode group dari guru. Dengan memperoleh akun tersebut, peserta didik dapat dengan mudah membuat akun di edmodo dengan memilih tombol I'm a student.
      Setelah memilih tombol I'm a student maka akan muncul beberapa kolom yang berisi tentang kode group, username, password, email, first name, dan  last name. Baris pertama 6 digit kode yang telah diberikan oleh guru. Setelah itu, peserta didik mengisi user name dan password yang bersifat unik. Untuk kolom selanjutnya diisi email, nama pertama dan nama terakhir. Kolom email tidak harus diisi, akan tetapi bila diisi maka pemberitahuan dari edmodo akan terkirim ke email. Setelah semua kolom terisi, pilih tombol "sign up" maka proses pendaftaran akan diproses.
2. Pengaturan Profil
      Ketika peserta didik selesai membuat akun, maka peserta didik diharapkan untuk mengatur atau mengubah profil. Cara mengubah pengaturan profil untuk halaman peserta didik, yaitu dengan memilih tombol account pada navigation center. Pilihlah setting pada menu account tersebut, maka akan muncul menu account yang terdiri dari menu account, email, password, dan privacy serta third-party application. Pada tampilan tersebut, diharapkan peserta didik mengisi identitas diri dengan lengkap. Pada halaman ini, peserta didik dapat mengganti foto, dengan cara mengunggah foto menggunakan tombol upload a new photo. Peserta didik juga dapat mengubah informasi identitas diri yang dapat mengubah email, alamat, nama, timezone, dan sebagainya. Setelah selesai mengatur identitas diri dan mengunggah foto klik "save".
      Setelah selesai pengaturan account, mulailah untuk mengeksplorasi email, password, dan privacy serta third-party application. untuk email text updates berilah tanda centang semua, password dan privacy diatur sesuai dengan kondisi peserta didik. Setelah selesai dengan pengaturan jangan lupa untuk memilih tombol save pada bagian bawah agar pengturan yang telah peserta didik lakukan dapat tersimpan.
B. Perpustakaan Maya
      Fasilitas library di edmodo merupakan perpustakaan maya seperti halnya perpustakaan di sekolah. Guru dapat mengunggah materi pembelajaran, video, audio, yang mendukung proses pembelajaran bagi peserta didik. Dalam perpustakaan maya guru dapat mengaturnya dalam folder-folder tertentu sehingga memudahkan peserta didik dalam mengaksesnya berdasarkan kelas dan mata pelajarannya. Kelebihan Edmodo adalah semua format materi mulai dari text (pdf, word, excel), video (mp4, wmv, mkv, flv dan sebagainya), audio (mp3, wav, dan sebagainya). Dengan kelebihan ini memungkinkan materi pembelajaran dapat bervariasi, menarik dan pembelajaran dapat berjalan baik. Selain itu, bahan ajar dapat diatur oleh guru sesuai dengan kelas mana saja yang memanfaatkan materi dan pelajaran apa saja yang dapat menggunakan materi tersebut.
      Materi yang telah diunggah, dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai bahan pembelajaran di kelas maya.  Ketika peserta didik selesai mengatur profil dan siap melakukan pembelajaran, maka guru akan memberikan catatan (note). Note tidak hanya bisa digunakan sebagai catatan atau pemberitahuan. Melalui note  peserta didik dan guru dapat berinteraksi, misalnya guru minta peserta didik untuk menanggapi materi video yang di unggah,  dan peserta didik menanggapi pada kolom yang tersedia.
C. Catatan atau Note
      Note atau catatan di edmodo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan status di facebook. Fitur ini digunakan sebagai sarana komunikasi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik.
Adapun langkah-langkah untuk membuat catatan/note adalah:
a.   Pilihlah menu note (warna hijau) untuk dapat memulai menulis note.
b.   Tulislah catatan pada kolom yang telah tersedia (warna merah).
c.   File, link, library berfungsi apabila ingin menambahkan materi pembelajaran (warna biru)
d.   Pastikan catatan yang akan dikirim sudah benar. Apabila sudah benar maka pilihlah "send"                 (warna hitam).
Catatan pada fiur ini yang telah dipublikasikan dapat di edit. Pilihlah icon yang terletak di pojok kanan atas seperti gambar berikut.                                                                                                    
Setelah memilih icon tersebut akan muncul beberapa menu pilihan seperti delete, adit, share, link to this post, add post to library, dan make public. Dengan memilih menu sesuai kebutuhan, maka user akan dapat melakukan edit terhadap deskripsi catatan materi, tetapi user tidak dapat melampirkan file, link, dan library. Setelah melakukan edit, klik tombol save  untuk menympan perubahan.
      Setiap note memiliki URL, sehingga memungkinkan note tersebut untuk dapat di akses dari luar. Untuk mengetahui URL tersebut, pilihlah link to this post,  atau dengan memilih view post link agar note terlihat di halaman baru (seperti new tab). Perlu kalian ketahui, bahwa note secara default bersifat make private. Apabila URL tersebut diberikan kepada user  yang bukan anggota, maka user tersebut tidak bisa melihat note. Untuk dapat melihat note tersebut, maka note harus diganti menjadi make public.
D. Penugasan dan Kuis
1. Penugasan atau Assignment
      Mealui fitur ini guru dapat memberikan tugas kepada peserta didik dan dapat memberikan penilaian pada tugas tersebut. Supaya dapat membuat penugasan, guru dapat memilih link assignment, maka akan tampil informasi tentang
1. Judul tugas;
2. Deskripsi tugas;
3. Tentang waktu;
4. Attachments (file,link, dan library.
      Jika sebelumnya guru telah memiliki tugas yang telah digunakan pada kelas dan mata pelajaran terdahulu, maka guru tidak perlu membuat tugas lagi, guru dapat memanggil kembali tugas tersebut. Guru hanya perlu memanggil tugas tersebut dengan memilih tombol load assignment. Setelah selesai, guru hanya tinggal memilih materi yang sesuai, mengatur tenggat waktu, pilih tombol send. Fitur yang menarik juga dalam edmodo adalah fungsi annotation. Fungsi ini membuat guru dapat memberikan komentar, memberi tanda pada dokumen mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki, maupun melakukam edit ke dalam dokumen yang dilampirkan oleh peserta didik pada saat pengerjaan tugas, menjadi sumber evaluasi, dan dapat digunakan untuk remedial (perbaikan) peserta didik.
2. Kuis
      Kuis dalam edmodo menyediakan lima jenis pertanyaan yang diberikan kepada peserta didik, diantaranya adalah:
a. Multiple Choice;
b. True False;
c. Short Answer;
d. Fiil In the Blank; dan
e. Matching.
      Untuk dapat membuat kuis, cukup memilih fitur quiz, kemudian pilih tombol create a quiz, pilih tipe pertanyaan dan klik tombol add question. Lengkaplah informasi kuis yang meliputi:
a. Judul kuis;
b. Jangka waktu pelaksanaan kuis (time limit)
c. Deskripsi dari kuis tersebut, dengan cara melengkapi Field About this quiz pada panel sebelah             kanan;
d. Quiz option sehingga guru dapat memilih apakah siswa akan secara langsung (otomatis) melihat         hasil penilaian setelah mengerjakan kuis atau tidak;
e. Pilih tipe pertanyaan yang guru ingin sampaikan berupa multiple choice, true false, short answer,       fill in the blank atau matching;
f. Setelah itu, memilih tipe pertanyaan, dan diberi opsi untuk memberikan bobot dari setiap                     pertanyaan.
g. Setiap pertanyaan akan disimpan secara otomatis oleh edmodo. Apabila guru ingin menambahkan       pertanyaan yang lain, hanya perlu untuk memilih tombol Add (+) pada panel disebelah kiri.
h. Apabila ingin menghapus pertanyaan yang sudah dibuat, hanya perlu klik tombol remove question dipojok sebelah kanan.
E. Kalender dan Polling

1. Kalender
      Kalender berfungsi untuk memberikan informasi tentang kegiatan yang di laksanakan. Kalender dapat dilihat dengan memilih tombol navigation bar yang terletak dibagian atas halaman edmodo. Untuk dapat membuat kegiatan yang akan dimasukan dalam kalender, cukup dengan meng-klik tanggal pelaksanaan kegiatan. Dengan memilih tanggal pelaksanaan kegiatan, maka akan muncul jendela baru.  Supaya bisa tampil rencana kegiatan, isilah informasi tentang judul kegiatan, waktu pelaksanaan kegiatan, dan kepada siapa informasi tersebut diberikan. Apabila ingin menghapus kegiatan yang telah dibuat, pilihlah (klik sekali) pada kegiatan yang ingin dihapus, dan pilih tombol delete.
2. Polling
      Banyak manfaat yang diperoleh dengan menggunakan fitur polling ini untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Untuk dapat menggunakan fitur ini pengguna cukup memilih menu poll, dan kemudian menuliskan pertanyaan dan jawaban yang akan dipilih oleh peserta didik.
F. Materi Belajar, Mengerjakan Tugas dan Kuis
1. Materi Belajar
      Melalui note, guru memberikan  pengarahan kepada peserta didik untuk mengunduh materi, mempelajari materi, dan mengerjakan tugas yang telah disiapkan guru terlebih dahulu. Untuk dapat mengakses materi tersebut, peserta didik dapat masuk ke grup terlebih dahulu. Kemudian memilih panel yang berada di sebelah kiri baik di folder atau di library, yang bergantung ada intruksi guru.
      Guru dalam menyiapkan materi-materi yang ada di folder maupun library menentukan bahan-bahan yang akan di pelajari oleh peserta didik, meliputi kelas dan mata pelajaran. Dalam pembuatan folder maupun materi yang di unggah sebisa mungkin diberi keterangan  yang detail sehingga  peserta didik dapat mengetahuinya dengan jelas. Untuk menampilkan materi ajar yang terdapat  di folder peserta didik tinggal memilih folder yang ada, kemudian akan tampil materi ajar yang diperlukan.
2. Mengerjakan Tugas dan Kuis
      Setelah peserta didik selesai mempelajari materi belajar, dan untuk  mengukur kemampuan peserta didik, peserta didik dapat diminta untuk mengerjakan tugas atau kuis. Untuk dapat mengerjakan tugas dan kuis, peserta didik dapat mengklik tombol turned in untuk penugasan atau assignment, begitu pula untuk kuis.
       Setelah peserta didik memilih tombol turned in tersebut, maka peserta didik akan mendapatkan tampilan jendela polling. Berdasarkan tampilan tersebut peserta didik diminta untuk menuliskan jawaban berdasarkan perintah yang telah ditentukan oleh guru. Selain itu, peserta didik juga dapat melampirkan bahan-bahan yang lain untuk mendukung jawaban dalam bentuk file, link maupun website.
      Apabila guru memberikan annotation pada lampiran yang diberikan siswa, maka untuk membaca annotation tersebut siswa hanya perlu pilih view di samping dokumen yang mereka lampirkan. Jika siswa mengirimkan kembali hasil perbaikan tugas tersebut  kepada guru, maka penandan annotation tidak akan terlihat lagi. Untuk itu, jika guru menginginkan annotation yang guru buat masih terlihat, maka peserta didik diharapkan mengirimkan versi baru dari tugas tersebut. Sedangkan pada peserta didik memilih untuk mengerjakan kuis maka akan muncuk informasi umum mengenai kuis tersebut yaitu nama kuis, deskripsi kuis, jumlah pertanyaandalam kuis tersebut. dan juga jangka waktu pengerjaan kuis. Jika peserta didik sudah siap untuk mengerjakan maka klik Start Quiz.
      Setelah peserta didik memilih  tombol start quiz, maka akam muncul jendela baru yang berisi pertanyaan yang harus di jawab oleh peserta didik. Peserta didik akan menjawab pertanyaan sesuai dengan tipe pertanyaan  yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu peserta didik juga akan mendapatkan informasi tentang waktu pengerjaannya, soal yang telah dikerjakan. Apabila peserta didik telah selesai mengerjakan semua pertanyaan, maka pilih tombol submit quiz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar