Senin, 14 September 2015

PENERAPAN KOMUNIKASI DARING

PENERAPAN KOMUNIKASI DARING

A. Persiapan Komunikasi Daring (Online)
Tahap pertama untuk dapat melakukan komunikasi daring ialah dengan mempersiapkan jaringan komputer. jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Berbicara mengenai jaringan komputer, maka di tekankan pada dua aspek, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras meliputi jenis transmisi dan bentuk-bentuk jaringan komputer atau topologi. Sedangkan dalam pembahasan perangkat lunaknya akan meliputi susunan protokol dan perjalanan data dari suatu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan.

1. Perangkat Keras
Dalam Komunikasi online, perangkat komputer adalah unsur penting. Melalui komputer semua komunikasi data akan dikirim, diolah, dan diterima. Perangkat komputer terdiri dari komponen-komponen yang terintegrasi satu dengan lainnya seperti monitor, CPU, peralatan input (mouse, keyboard, scanner, dan sebagainya) dan output (printer, plotter, speaker dan proyektor).  

2. Perangkat Lunak
Jaringan komputer merupakan suatu kumpulan lapisan atau layer. Masing-masing layer tersebut mendukung kinerja lapisan atau layer yang ada diatasnya. Misalnya layer 1 mendukung kinerja layer 2, layer 2 mendukung kinerja layer 3, dan seterusnya. Masing-masing layer tersebut memiliki protokol. Protokol adalah aturan suatu "percakapan" yang dapat dilakukan. Protokol mendefinisikan format, urutan pesan yang dikirim dan dierima antar sistem pada jaringan dan melakukan operasi pengiriman dan penerimaan pesan. Perangkat lunak yang digunakan dalam jaringan komputer ada OSI (Open Systems Interconnection) dan TCP/IP (Transfer Control/Internet protocol).
Dalam setiap komunikasi memerlukan aplikasi yang menjembati antara perangkat keras dengan pengguna. Aplikasi pula yang menjadi perantara dalam setiap komunikasi data atau informasi. Aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dalam berkomunikasi daring misalnya yahoo, Gmail, GTalk, Yahoo Messenger, Skype, mIRC, dan lainnya.

B. Pelaksanaan Komunikasi Daring (Online)
1. Etika dalam Berkomunikasi
Kegiatan komunikasi ialah kegiatan untuk menyampaikan pesan, informasi, memengaruhi seseorang, dan lain sebagainya. Seseorang akan menerima baik informasi dan akan terpengaruh sesuai tujuan kita apabila kita dalam berkomunikasi dengan etika yang baik. Meskipun berkomunikasi secara online, penerapan etika sangat perlu, hal ini dapat  mencerminkan kepribadian seseorang. Adapun etika dalam berkomunkasi diantaranya adalah:
a.       Mengucap salam
b.      Sopan
c.       Saling menghormati
d.      Tidak menyinggung sara
e.       Menghindari penggunaan hurup kapital
f.       Mengaktifkan mode oof apabila tidak ingin diganggu
g.       Minta izin apabila ingin meninggalkan chatting.

2. Pelaksanaan Komunikasi Daring
Langkah-langkah dalam berkomunikasi daring melalui GTalk ialah:
a.       Setelah kalian memiliki akun email google (gmail), bukalah aplikasi GTalk yang telah kalian instal dan lakukan login.
b.      Setelah masuk, maka akan muncul tampilan utama GTalk. Kenali terlebih dahulu fitur-fitur yang ada, sehingga memudahkan kalian dalam berkomunikasi.
1)    Fitur Setting berfungsi untuk pengaturan, seperti pengaturan general, chat, blocked, notification, audio, dan appearance. Dapat dibilang bahwa setting  ialah fitur untuk mengatur keseluruhan aplikasi GTalk.
2)      Fitur Help merupakan layanan yang disediakan bagi pengguna apabila mengalami masalah dapat meminta bantuan. Dengan memilih fitur tersebut, pengguna akan langsung dihubungkan di Google Talk Help Center, yang mana akan disediakan layanan.
3)  Perlu kalian ketahui, GTalk menyediakan fitur foto yang mana setiap pengguna dapat menampilkan foto diriya.
4)      Selain itu GTalk memungkinkan untuk update status layaknya facebook. Apabila ingin update status ketiklah di kolom available.
5)      Kolom search memudahkan pengguna untuk mencari temannya yang memungkinkan apabila dicari secara manual akan membutuhkan waktu.
6)      Halaman utama menampilkan daftar pengguna yang telah di invite atau telah menjadi teman.
7)      Add merupakan fitur untuk menambahkan teman.
8)      View ialah fitur untuk mengatur tampilan halaman utama, misalnya sort by name, view on page, show picture, dan lainnya.
9)      Apabila kalian offline, dan teman kalian mengirim data maka data tersebut akan tersimpan di email. Untuk melihat berapa data yang dikirim untuk kita dan siapa yang mengirimnya kalian dapat melihatnya dengan mengklik gambar email.
c.       Pilihlah teman yang akan chat sesuai dengan tujuan, jangan lupa untuk selalu menerapkan etika dalam berkomunikasi!
d.      Pada tampilan chat terdapat fitur call, yang memungkinkan pengguna untuk memanggil teman yang saat itu sedang chat. Jadi, tidak hanya chat text saja pada aplikasi GTalk ini. Dengan fitur call memungkinkan seseorang dapat berkomunikasi secara real time meskipun jauh jaraknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar